Rabu, 26 Juli 2017

Perbedaan Kayu Jati

Perbedaan Kayu Jati – Mungkin sebagian dari anda sudah tahu akan kayu jati, sebab popularitas kayu ini memang membuat kita kagum, baik dari sisi kualitas kayu maupun tekstur dari seratnya. Tetapi, apakah anda tahu jika kayu jati yang kita kenal selama ini mempunyai beberapa jenis yang berbeda.

Setidaknya ada Tiga Jenis yang umum digunakan oleh kebanyakan dari masyarakat. Ketiga jenis kayu jati tersebut adalah kayu jati rakyat, kayu jati emas dan kayu jati perhutani. Dari ketiga jenis kayu jati tersebut, masing-masing memiliki karakter dan tekstur berbeda. Dan untuk lebih detai mengenai ketiga jenis kayu jati tersebut, di bawah ini ada sedikit ulasan terkait hal itu dan tak lupa juga saya sertakan kelebihan dan kekurangannya.

Kayu jati rakyat : Pohon jati rakyat lebih cenderung banyak bengkokan pada batangnya sehingga kayu yang dihasilkan biasanya bengkok. Selain itu, pohon jati rakyat memiliki masa pertumbuhan lebih lama daripada kayu jati emas yakni sekitar 15 hingga 25 tahun untuk siap ditebang dan bisa digunakan kayunya. Tetapi dengan lamanya masa tumbuh tersebut, menjadikan pori-pori pada kayu jati jenis ini lebih padat dibanding kayu jati emas. Dan gubal pada kayu jati rakyat biasanya lebih sedikit.

Kelebihan dan kekurangan kayu jati rakyat :

Kekurangan Kayu Jati Rakyat :
  • banyak gubal
  • kadar air tinggi
  • ada yang kayunya keras dan ada juga yang tidak (tergantung tua-mudanya kayu)
  • warna kayu pucat
Kelebihan Kayu Jati Rakyat :
  • harganya lebih murah dari kayu jati perhutani
  • cukup awet
Kayu jati emas : kayu jati emas adalah jenis kayu jati yang pohonnya memiliki masa pertumbuhan lebih cepat dari pada masa pertumbuhan pohon jati pada umumnya. Hanya dalam kurun waktu 7 hingga 15 tahun, pohon ini sudah tumbuh besar dan siap untuk ditebang. Hal ini merupakan kelebihan dari pohon jati mas. Sedangkan kelebihan lainnya adalah pohon jati mas kebanyakan berbatang lurus tanpa ada bengkokan atau kalaupun ada hanya sebagian kecil saja sehingga kayu yang dihasilkan juga lurus. Kondisi kayu yang seperti ini sangat disukai oleh para pekerja mebel ketika mereka mengerjakan desain furniture yang berbidang lebar seperti meja dan lemari. Tetapi ada juga kekurangan kayu jati mas ini, yaitu terlalu banyak gubal kayunya – baca Pengertian Gubal Kayu – selain itu, pori-pori pada kayu jati mas tergolong lebih besar-besar atau dengan kata lain kurang padat.
 
Kelebihan dan kekurangan kayu jati emas :
 
Kekurangan Kayu Jati Emas :
  • banyak gubal Kadar air tinggikayunya keras, mudah pecah (karena kebanyakan kayu yang ditebang masih berumur muda)Warna kayunya pucattingat keawetan : kurang awet hingga sedang
Kelebihan Kayu Jati Emas :
  • harganya lebih murah dari kayu jati perhutanikebanyakan kayunya lurus

Kayu jati perhutani : kayu jati perhutani adalah kayu jati yang dikelola oleh perhutani mulai dari pembibitan hingga penebangan dan penjualannya. Kayu jati perhutani atau sering disebut juga dengan kayu jati TPK dikenal memiliki kualitas yang sangat bagus dibanding jenis kayu jati yang lain. Untuk kayu jati jenis ini, bisa dipastikan berumur tua, sebab setiap tahunnya perhutani selalu menyeleksi pohon-pohon yang siap untuk ditebang dan tentunya dipilih yang tua-tua dulu.

Kelebihan dan kekurangan kayu jati perhutani :

Kekurangan
  • Harganya mahal
Kelebihan
  • Pori-pori kayunya lebih padattekturnya lebih berminyakwarna kayunya lebih hidupyang terakhir adalah sangat awet

Kayu Jati Perhutani

Itulah serangkaian Perbedaan Kayu Jati Rakyat, Jati Emas dan Jati Perhutani. Dari ketiganya paling bagus yaitu kayu jati perhutani, memang harganya sedikit lebih mahal dari kayu jati rakyat dan kayu jati emas, tapi jika anda berfikir untuk kualitas, tekstur dan ketahannya, kayu jati perhutani jelas lebih unggul kayu jati rakyat dan kayu jati emas. Dari  Artikel di atas dapat anda jadikan patokan biaya sebelum membeli mebel berbahan kayu Jati dari Jepara.


BACA JUGA ->
Previous Post
Next Post

0 komentar: